Tips Otak tidak Panas dalam menghadapi US & UN SMP

UN? AArgh, sebentar lagi akan ada ujian besar yang menanti kita. Bagaimana kalau nilaiku jelek? Bagaimana kalau aku mendapat hasil yang Buruk? Bagaimana kalau aku tidak bisa mengisi soal engan baik? STOP!!! Berhentilah berfikir begitu! Kalau ujian itu belum terjadi bagaimana kita bisa memprediksinya?

Standar kelulusan dari SMP menuju SMA adalah 60% Nilai Rapor kelas 7-9 dan 40% nilai US. Lalu untuk apa ada UN? UN dilakukan untuk bisa masuk ke SMA faforit dan yang kita inginkan, sedangkan yang menentuka lulus atau tidaknya kita adalah raport dan US. Bagaimana agar kita tidak stress dalam menghadapi sibuknya Latihan Soal, TO, Latihan lagi, TO lagi, dan juga US serta UN? Berikut saya merangkum cara agar otak tidak panas dalam menghadapi sibuknya kelas9

1. Evektifkan waktu Belajar
Untuk menghadapi UN, biasanya kita belajar terus menerus sampai larut malam, menghabisakan waktu seharian, menghafalkan semua isi buku, dan sebagainya. Tapi sebenarnya bukan begitu cara belajar yang benar. Bukan belajar yang lama tapi belajar yang evektif, yaitu belajar dengan fokus, secukupnya, dan dengan perlahan. Terkadang kita belajar dengan terburu-buru dan memaksa membaca semua isi buku, sehingga sedikit sekali yang kita ingat. Berbeda jika kita sudah mendengarkan pelajaran yang disampaikan guru dan kita tiggal mengingatnya kembali. Bukankah lebih mudah?

2. Bagilah waktu Dengan Benar
Untuk menghadapi UN dan US kita berfikir kalau kita harus belajar yang banyak dan gak boleh main lagi. Betuul, tapi kalau capek belajar jangan dipaksakan terus belajar. Anda harus membagi waktu antara belajar, main, istirahat, dan sebagainya. Bermain juga penting untuk membuat kita tidak tegang dan stres menghadapi Ujian, walaupun tidak sembarang main yang kita lakukan.

3. Jangan Terlalu Perfectionist
Janganlah anda berfikir kalau anda nilai harus sempurna, tidah ada kesalahan, sesuai dengan yang anda inginkan. Walaupun itu membuat anda lebih bersemangat dalam menghadapi ujian, tetapi jika anda gagal dan nilai anda tidak sesuai anda akan stress, menyesal berlebihan, dan menyalahkan orang sekitar serta diri sendiri.

4. Perbanyak berdo'a dan melakukan amal Sunnah
Belajar x Belajar = Nilai Bagus? anda salah besar. Belajar hanyalah salah satu faktor untuk mencapai kesuksesan. Tetapi ada yang lebih penting dari belajar.. yaitu do'a dari orang tua. Berbaktilah kita dengan orang tua kita, berdo'alah agar kita mendapat hasil yang memuaskan, perbanyaklah amal Sunnah kita tanpa meninggalkan amal wajib kita. Itulah Kunci Kesuksesan yang sesungguhnya. Belajar + Do'a Orang Tua + Do'a kita + Sunnah = SUKSESS!!

Begitulah tips saya agar tidak stress dalam menghadapi Ujian di depan kita, silahkan komentarnya bila ada yang ingin disampaikan. Selamat BELAJAR!!

0 comments :

Post a Comment

Mau Widget Ini? Klik Disini

Translate

Readers

Social

Social Media Sharing by CB Bloggerz

Popular Posts

Blog Archive